Informasi Pendaftaran STIS

INFORMASI SYARAT MASUK STIS (SEKOLAH TINGGI ILMU STATISTIK)

  1. Sehat jasmani dan rohani (dapat dan layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna, dan bebas narkoba;
  2. Program Diploma Empat (D4):
    1. Siswa Kelas XII SMA/MA Jurusan IPA Tahun Ajaran 2017/2018 atau;
    2. Lulusan SMA/MA Jurusan IPA sebelum Tahun Ajaran 2017/2018 dengan umur tidak lebih dari 22 tahun per 1 Oktober 2018;
    3. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7,00 (prediksi) atau B pada rapor kelas XII semester I;
  3. Program Diploma Tiga (D3): (Khusus Pendaftar yang berdomisili pada wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung)
    1. Siswa Kelas XII SMA/MA Jurusan IPA/IPS Tahun Ajaran 2017/2018 atau ;
    2. Lulusan SMA/MA Jurusan IPA/IPS sebelum Tahun Ajaran 2017/2018 dengan umur tidak lebih dari 22 tahun per 1 Oktober 2018;
    3. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7,00 (prediksi) atau B pada rapor kelas XII semester I;
  4. Lulus Ujian Nasional dan memiliki bukti berupa Ijazah atau Surat Keterangan Lulus pengganti ijazah sementara.
  5. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STIS sampai dengan pengangkatan PNS;
  6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;
  7. Bersedia mematuhi peraturan STIS;
  8. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di STIS;
  9. Setelah lulus pendidikan di STIS, bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota.

Didalam persyaratan ini tidak ada ketentuan tinggi badan, minus mata, asalkan memenuhi persyaratan, kamu bisa masuk STIS.


Seleksi Penerimaan STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan program Diploma IV, yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958, memanggil pemuda-pemudi terbaik Indonesia lulusan sekolah menengah umum jurusan IPA untuk dididik menjadi ahli statistik. STIS mengemban visi menjadi lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berfungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang statistika dan komputasi statistik dengan mendidik kader yang memiliki kemampuan akademik/profesional.

Kurikulum dibuat sesuai dengan perkembangan ilmu ekonomi, kependudukan, sosial, dan teknologi informasi. Proses dan metode pembelajaran ditekankan pada pengembangan ketrampilan di bidang statistik dan komputasi statistik
Dengan demikian lulusan STIS merupakan tenaga yang siap dan mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian, melakukan analisis di bidang sosial-ekonomi serta merencanakan dan mengembangkan sistem informasi.

STIS mempunyai dua jurusan: Jurusan Statistika (Ekonomi dan Sosial-Kependudukan) dan Jurusan Komputasi Statistik. Jurusan Statistika menghasilkan tenaga ahli statistik ekonomi serta tenaga ahli statistik sosial-kependudukan, dan Jurusan Komputasi Statistik menghasilkan tenaga ahli komputasi dan sistem informasi.Tenaga Pengajar merupakan lulusan perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri dengan jenjang S2 dan S3 Lulusan STIS mendapat gelar Sarjana Sains Terapan (S.S.T.).

Bagi kalian yang ingin mendfatar di STIS, berikut kami infromasikan tahapan – tahapan seleksi yang akan dilalui:

  1. Tahap 1: Tes Potensi Akademik (TPA) meliputi Matematika
  2. Tahap 2: Tes Kemampuan Dasar (TKD)
  3. Tahap 3: Tes Psikotes
  4. Tahap4: Tes Kesehatan

Lokasi Tes:

Setiap tahapan seleksi dilaksanakan diseluruh Ibukota Provinsi dan beberapa Ibukota Kabupaten secara serentak dan berlaku sistem gugur.

Website Resmi  : https://www.stis.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *