Informasi Pendaftaran STAN

SYARAT PENDAFTARAN STAN

  1. Lulusan (tahun 2017 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2018) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.
  2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar:
  3. Untuk lulusan tahun 2017 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 (prediksi) atau
  4. Untuk calon lulusan tahun 2018, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen PENGETAHUAN pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 (prediksi)atau 2,80 dengan skala 4,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 (prediksi)
  5. Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam rapor atau ijazah tidak lebih dari 20 tahun 0 bulan 0 hari pada tanggal 1 September 2018 (lahir tidak lebih awal dari tanggal 1 September 1998).
  6. Berbadan sehat dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).
  7. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  8. Khusus program studi Kepabeanan dan Cukai ditambahkan persyaratan sebagai berikut :

Untuk program studi Diploma I:

  • Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm
  • Perempuan tinggi badan minimal 155 cm

Untuk Program studi Diploma III:

  • Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm
  • Tidak Cacat Badan;
  • Tidak Buta Warna; dan
  • Untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan/atau silindris dapat diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri.
  1. Menyetor biaya pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) sebesar Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah *perkiraan*) dan biaya yang dikeluarkan akibat transaksi pembayaran tersebut ditanggung oleh pendaftar.
  2. Pendaftar tidak sedang menjadi mahasiswa atau tidak pernah dikeluarkan dari pendidikan di Politeknik Keuangan Negara STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

Seleksi Penerimaan PKN STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

PKN STAN adalah perguruan tinggi kedinasan, di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan (Prodip Keuangan). STAN didirikan dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI No.45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No.12 Tahun 1967 serta dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan RI No.1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977.
Program studi yang diselenggarakan oleh PKN-STAN untuk lulusan SMU, Madrasah Aliyah dan SMK..
Dengan demikian, PKN STAN menjadi perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Keuangan yang bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan melalui Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK).

Pembinaan PKN STAN secara teknis akademik dilaksanakan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Sedangkan pembinaan secara teknis operasional dan administratif dilaksanakan oleh Menteri Keuangan. Saat ini, PKN STAN menyelenggarakan pendidikan vokasi atau terapan di bidang keuangan negara melalui empat jurusan dan 10 program studi, yaitu jurusan Akuntansi, Pajak, Kepabeanan dan Cukai serta Manajemen Keuangan.
Selama pendidikan, mahasiswa tidak dipungut biaya pendidikan dan tidak diasramakan. Pendidikan PKN-STAN memakai sistem ikatan dinas sebagaimana ditegaskan kembali dalam Keputusan Menteri Keuangan RI No.289/KMK.014/2004 tanggal 14 Juni 2004 tentang Ketentuan Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan RI.

Lulusan PKN-STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan ditempatkan di instansi-instansi dalam lingkungan Kementerian Keuangan RI dan instansi-instansi pemerintah lainnya, baik di pusat maupun di daerah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Jika kalian ingin melanjutkan studi di STAN, berikut kami informasikan tahapan yang harus diikuti:

  1. Tahap 1: Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris
  2. Tahap 2: Tes Kesehatan dan Kebugaran
  3. Tahap 3: Tes Kompetensi Dasar

Lokasi Tes tahap 1:

Jakarta, Bandar Lampung, Pontianak, Banda Aceh,  Cimahi, Banjarmasin, Medan, Semarang, Balikpapan, Padang, Yogyakarta, Manado, Pekanbaru, Surabaya, Palu, Batam, Malang, Makassar, Jambi, Denpasar, Ambon, Bengkulu, Mataram, Sorong, Palembang, Kupang, dan Jayapura.

Lokasi Tes Tahap 2 dan tahap 3:

Jakarta, Cimahi, Malang, Medan, Semarang, Denpasar, Pekanbaru, Yogyakarta, Makassar, Palembang, Surabaya.

Web Resmi: http://www.pknstan.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *