Pertanyaan

Apa itu Praja Edukasi?

Praja Edukasi merupakan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Calon Pendaftar TNI, Polri, IPDN, STAN, AIM, STIS, STTD, dan Sekolah Tinggi Kedinasan lainnya. Jadi kalau Anda atau Anak Bapak/Ibu berminat untuk mendaftar TNI, Polri, IPDN, STAN, AIM, STIS, STTD, dan Sekolah Tinggi Kedinasan lainnya, bisa mendaftar/didaftarkan di Praja Edukasi untuk belajar materi-materi tes yang diujikan pada saat tes penerimaan seperti Potensi Akademik, Psikologi, dan Kesamaptaan/Fisik.


Apakah pasti lulus kalau sudah belajar di Praja Edukasi?

Tergantung keseriusan siswa. Praja Edukasi menfasilitasi calon pendaftar yang ingin belajar supaya bisa mengerjakan tes dengan benar dan lulus dengan hasil yang memuaskan. Kami mendukung penuh Penerimaan TNI/Polri dan Sekolah Kedinasan yang bersih dan transparan karena penerimaan yang bersih adalah kunci utama terciptanya SDM yang kompeten.

Berapa persen yang lulus dari Praja Edukasi?

Praja Edukasi hanya menyelenggarakan 3 bimbingan tes yaitu Tes Akademik, Tes Psikologi dan Kesamaptaan. Artinya ada beberapa tes lain yang tidak bisa dibimbelkan seperti  Pemeriksaan Administrasi, Pemeriksaan Kesehatan 1 dan 2.

Persentase Kelulusan untuk 3 materi bimbingan tes yang dipelajari di Praja Edukasi yaitu Tes Akademik, Tes Psikologi dan Kesamaptaan adalah 80% (delapan puluh persen).

20% peserta yang belum lulus bisa mengulang bimbel Gratis pada tahun berikutnya apabila mengambil program terencana atau sesuai dengan program bimbingan yang diambil. Untuk melihat program silahkan klik disini.


Saya dengar, ada loh yang dijamin sampai jadi?

Setiap Calo tentu akan bilang pasti, supaya Anda bersedia membayar ratusan juta rupiah atau lebih kepada mereka, terlepas dari apakah mereka oknum anggota atau bukan. Kalau mereka bilang tidak pasti, tidak ada yang mau bayar.

Tapi kenapa setelah penerimaan banyak yang mengaku tertipu ratusan juta rupiah oleh oknum atau seseorang calo? karena memang tidak ada yang pasti tanpa usaha.

Pertama kali kami buka kelas di Pekanbaru, 9 dari 10 siswa pertama kami adalah anak, keponakan atau keluarga anggota polisi. Artinya mereka yang paham dengan proses penerimaan akan menyuruh anak, keponakan atau anggota keluarganya untuk belajar dan mempersiapkan diri secara maksimal.

Artinya, mereka yang paham proses penerimaan akan menyuruh anak dan saudaranya untuk belajar.


Lalu yang dijamin Praja Edukasi apa?

Setelah mengikuti rangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan dengan serius, Praja Edukasi memberikan jaminan lulus Tes Potensi Akademik, Tes Psikologi, Tes Kesamaptaan/fisik. Jaminan tergantung paket program yang diambil. Jaminan berupa mengulang Bimbel Gratis tahun depan. Untuk paket program bisa lihat di www.prajaedukasi.com/program.


Tapi zaman sekarang kalau ga bayar, ga mungkin deh?

Tergantung keyakinan Anda. Tuhan pun tergantung prasangka umat-Nya.

Kalau kita melihat orang kaya karena main judi dan meyakini kalau ingin kaya harus main judi, maka besok kitapun ikutan main judi. Padahal banyak orang di luar sana kaya bahkan lebih kaya dengan cara yang halal dan berkah.

Seharusnya kita melihat orang-orang yang lulus tes karena memang mereka mampu lulus dengan nilai terbaik dan menjadikan semangat juang, kerja keras dan motivasi tinggi sebagai solusi meraih cita-cita.


Emang bayar berapa sampai jadi?

Penerimaan TNI/Polri dan Sekolah Kedinasan Gratis tanpa dipungut biaya. Biaya di Praja Edukasi adalah biaya Pendidikan dan Pelatihan Akademik, Psikologi dan Kesamaptaan/fisik termasuk sarana dan prasarana pendukung. Adapun besaran biaya bisa dilihat di www.prajaedukasi.com/biaya


Yang dilatih apa saja ya?

Yang dilatih adalah kemampuan Akademik, Psikologi dan Kesamaptaan/Fisik.


Tes Kesehatan bagaimana?

Untuk tes kesehatan, kami menyarankan calon pendaftar untuk check di klinik atau rumah sakit seperti rumah sakit Bhayangkara. Karena selain check disana juga sudah lengkap seandainya ada tindakan medis yang harus dilakukan.


 Belajarnya berapa lama?

Lama belajar tergantung program yang diambil. Ada yang 4 bulan dan ada yang sampai tes penerimaan pada bulan April tiap tahunnya. Untuk melihat program silahkan lihat www.prajaedukasi.com/program.


Bedanya apa sih kalau ikut bimbingan dengan tidak?

Kegagalan utama setiap pendaftar adalah:

  • Tidak memahami jenis tes yang diujikan, cara mengerjakan dan cara penilaian.
  • Kurangnya persiapan diri sebelum menghadapi tes.
  • Kurangnya sarana-prasarana penunjang kegiatan latihan.
  • Semangat naik-turun dan tidak memiliki target yang terukur bila tidak dibimbing pelatih.
  • Ketinggalan atau tidak update/mengikuti info terbaru.

Praja Edukasi memfasilitasi kegiatan pendidikan dan pelatihan sesuai dengan kebutuhan tes setiap calon pendaftar.


Apakah disediakan mess atau tempat tinggal?

Tidak ada mess. Peserta luar kota biasanya mencari kos di dekat Gedung Praja Edukasi.

Kegiatan belajar di Praja Edukasi pada umumnya sama seperti Bimbingan Belajar pada umumnya. Belajarnya hanya sesuai jadwal yang diberikan misalnya setiap sore atau setiap siang tergantung jadwal yang dipilih.

Yang membedakan adalah materi yang diajarkan dimana materinya lebih khusus sesuai dengan tes yang akan dihadapi oleh peserta seperti Tes Potensi Akademik, Psikologi dan Latihan Fisik yang tidak diperoleh oleh siswa di sekolah ataupun bimbel umum.

Bagaimana cara mendaftar?

Pendaftaran dilakukan di cabang terdekat. silahkan lihat alamat cabang di www.prajaedukasi.com/cabang

Atau isi formulir untuk pendaftaran online di www.prajaedukasi.com/pendaftaran